Arung Jeram Elo

Sungai Elo adalah salah satu anak sungai Kali progo yang melintasi daerah Magelang tepatnya di Muntilan. Sungai Elo memiliki jeram-jeram yang dapat digunakan untuk kegiatan arung jeram (rafting). Rafting adalah kegiatan yang menyuguhkan petualangan tersendiri. Tidak seperti panjat tebing, susur goa, atau naik gunung yang menguras tenaga dan pikiran, olahraga arung jeram benar-benar membuat pikiran menjadi fresh. Dengan pemandangan sekitar sungai yang sangat indah disertai jeram-jeram yang sangat menantang menjadikan arung jeram adalah salah satu kegiatan favorit.

Sungai Elo memiliki jeram dengan grade atau level untuk pemula. Jeram sungai elo dapat dikatakan sedikit dan pendek dan tidak ada undercut yang berbahaya. Biasanya digunakan untuk fun rafting atau latihan (skeeper, flip-flop, rescue). Skeeper adalah orang yang bertugas mengontrol arah gerak perahu, pemegang komando perahu, dan bertempat duduk di belakang. Flip-flop adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengembalikan posisi perahu yang terbalik sedangkan rescue adalah usaha untuk menolong orang yang terjebak di sungai (jeram) dengan menggunakan tali lempar yang sering disebut throwing bag.

Perahu yang digunakan adalah perahu karet untuk 6 orang + 1 orang skeeper. Peralatan yang digunakan adalah dayung T grip, pelampung, dan helm. Sedangkan peralatan lainnya adalah webbing dan carabiner untuk melakukan flip-flop, dry bag untuk meletakkan barang agar tidak basah, dan throwing bag untuk rescue. Seorang skeeper harus pandai dalam mengontrol gerak perahu agar tidak terjadi wrapping atau perahu yang menempel pada bebatuan dan tidak melintasi jeram dengan sempurna…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s