Ziarah Sumbing 2007

Ziarah Sumbing adalah prosesi pelantikan dan pengambilan nomor anggota Gitapala. Ziarah dilakukan untuk menghormati para pendahulu Gitapala yang terkena musibah di gunung Sumbing pada 1979.

Gunung sumbing termasuk salah satu gunung tertinggi di jawa dengan ketinggian sekitar 3225 meter dari permukaan laut. Gunung Sumbing memiliki medan berpasir dan berdebu dengan vegetasi yang kurang akibat pembukaan lahan pertanian tembakau. Pendakian dilakukan dari daerah garung dengan base camp di rumah seorang teman bernama Kang Tolip. Pendakian berlangsung selama 2 hari 2 malam karena ada seorang pendaki yang cidera.

Medan berbatu mulai dijumpai di sekitar puncak gunung. Dengan lereng-lereng yang terjal medan yang dilalui menjadi sangat berbahaya. Selain itu terdapat jurang-jurang yang sangat dalam di kanan-kiri jalan setapak.

Pemandangan puncak Gunung Sumbing sangat mengagumkan. Puncak Sumbing adalah sebuah kawah besar yang masih mengeluarkan gas solfatara. Pendakian dilakukan sampai ke puncak buntu kemudian manuju in memoriam Gitapala yang berada di daerah sekitar puncak untuk melakukan prosesi ziarah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s