Kota Kudus

Kudus adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Perjalanan ke Kudus dari Yogyakarta dapat ditempuh dengan bus patas sekitar 4 jam. Kudus merupakan salah satu kota industri dengan andalannya adalah industri rokok sehingga Kudus sering juga disebut kota kretek. Nama kota kretek diambil dari sejara rokok kretek yang berasal dari Kudus dan sekarang telah tersebar ke seluruh dunia.

Pergi ke kota Kudus belum lengkap jika tidak mengunjungi Menara Masjid Kudus. Menara masjid ini terletak di sebelah timur kota kudus kira-kira 500 meter dari alun-alun kota kudus. menara kudus terletak di kawasan pemukiman dengan rumah-rumah tua yang memiliki gaya arsitektur yang sangat khas. Menyusuri gang-gang di sekitar Menara serasa kembali ke masa lalu. Menara Masjid Kudus merupakan salah satu obyek wisata andalan Kota Kudus disamping Makam Sunan Muria dan Air terjun Collo. Makam Sunan Muria dan Air terjun terletak di pegunungan Muria di sebelah utara kota Kudus tepatnya di kecamatan Collo.


– Menara Masjid Kudus


– Menyusuri gang-gang kota kudus pakai ‘Onthel


– Air terjun Collo

Selain obyek-obyek wisata alam dan budaya, kita dapat juga mengunjungi industri rokok yang cukup populer di Indonesia yaitu PT Djarum Kudus. Rangkaian wisata indusrtri PT Djarum mencakup 5 situs utama perusahaan yaitu: Unit pelintingan sigaret kretek tangan, Unit Pelintingan sigaret kretek mesin, Unit penghijauan dan pembibitan, Instalasi pengolahan air limbah, dan Research & Developement. Wisata industri PT. Djarum sangat menarik karena kita dapat mengetahui bagaimana cara kerja pelintingan rokok secara manual maupun pelintingan dengan mesin yang dapat menghasilkan 6000 batang rokok per menit.


– Pelintingan rokok tangan PT Djarum

Untuk urusan kuliner, Kota Kudus memiliki andalan yaitu soto kudus yang berisi daging kerbau dan jenang kudus dengan merk yang terkenal adalah jenang mubarok. Selain makanan tersebut masih ada lagi kopi jetak yang berasal dari daerah Jetak, kecamatan Kaliwungu, Kudus. di Kudus kopi Jetak dapat dijumpai di warung-warung pedesaan dengan harga yang sangat terjangkau dan nikmat diminum bersama dengan sebatang rokok kretek…

Advertisements

2 responses to “Kota Kudus

  1. dulu ita punya teman di Kota Kudus *tapi skrg dah pindah ke Jogja* juga pernah cerita ttg Kota penghasil rokok itu..

  2. tolong donk saya mau kekota kudus dari bekasi…tp kaga ada bis langsung kekudus..jd musti dari semarang.. ada tidak travel dari semarang kekota kudus dan sebaliknya? berapa biayanya? tolong ya…thanks…tolong reply keemail saya.terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s