Pemikiranku Hari Ini

Saat jalan-jalan di kota (sesuatu yang jarang kulakukan πŸ™‚ pada malam hari, aku begitu takjub melihat pemandangan kotaku. Yogyakarta di waktu malam sungguh sangat gemerlap. Jejeran lampu-lampu hias menerangi jalan-jalan kota yogyakarta di waktu malam menyaingi lampu-lampu baliho atau penerangan jalan umum. Apalagi kalau kita lihat di pusat kota hampir nggak ada bedanya dengan siang hari saking terangnya.


– jl jenderal sudirman yogyakarta

Sekarang dapat kita lihat dalam foto, ada berapa lampu penerangan jalan di sana? kira-kira ada 3 buah lampu penerangan jalan umum, ditambah lampu hias, dan masih ada lampu reklame. Memang kalau dilihat dari kegunaannya, lampu-lampu tersebut memiliki nilai guna tetapi sejauh mana nilai guna dari lampu-lampu tersebut? apakah sebanding dengan jumlah energi yang dikeluarkan yang sebanding dengan nilai pajak yang harus dibayar masyarakat?

Cukup ironis memang, ditengah-tengah isu krisis energi yang melanda Indonesia terutama soal energi listrik, bangsa ini justru malah dengan enaknya menghambur-hamburkan energi listrik. Menurut saya pemasangan aneka macam lampu-lampu untuk menghias jalan raya adalah sebuah pemborosan yang sia-sia. Adanya lampu hias di jalanan memang membuat pemandangan kota menjadi semakin indah. Yang menjadi masalah adalah apakah kita memang sudah membutuhkannya? atau apakah kita memang sudah benar-benar memiliki kelebihan energi (listrik) yang dapat dialokasikan untuk menyalakan lampu-lampu hias?

Tidak hanya pada lampu-lampu hias saja penghamburan energi dilakukan. Pada suatu hari seorang teman pernah memberi nasihat (saat aku sedang membakar roti :). Dia bilang “Untuk apa roti itu dibakar? roti itu kan makanan yang siap makan, kalau ketela kamu bakar itu masih wajar. Coba pikirkan berapa energi yang terbuang percuma untuk membakar roti…” Hah kesannya memang sangat sepele tetapi perkataannya ada benarnya juga..

Bagaimana dengan Pemanasan Global? Sampai saat ini, kebutuhan listrik Indonesia masih ditopang oleh pembangkit listrik berbahan bakar fossil yang jelas-jelas memberikan kontribusi besar terhadap polusi udara dan emisi gas rumah kaca di atmosfer. Karena pembuatan PLTN di gunung muria manemui kegagalan, untuk pasokan listriknya Indonesia terpaksa mambangun PLTU atau PLTD yang lebih banyak karena penyediaan listri dengan cara lain seperti HEP, Solar cell, atau aerogenerator dirasa kurang mencukupi. Hal ini berarti investasi yang besar, polusi, dan emisi yang besar hanya untuk menyediakan listrik yang sering sekali digunakan dengan kurang bijaksana.

Ah.. hari ini panas sekali.. kayaknya kalau pakai AC enak nih…

Advertisements

4 responses to “Pemikiranku Hari Ini

  1. Selama 4 bulan saya jadikan salah satu gedung di Jl. Veteran mojamuju menjadi basecamp kegiatan sosial untuk paca. Banyak kesan yang tergores di yogja, sampai-sampai gambar di blog aku gunakan ketika aku berpakaian prajurit Yogja, bukan dhalang lho….

  2. nuritaputranti

    jadi pengen liburan ke yogya lagi. dl liburan ke yogya pas ada angin puting beliung jadi gak lama disana πŸ˜€

  3. Ooo… ini tentang energi ya?? Sebenarnya sih menurut saya selama matahari masih bersinar tidak akan terjadi krisis energi, pasalnya 99,99% energi di bumi berasal dari matahari. Tapi ya itu, karena energi dari matahari tidak bisa langsung dipergunakan dan kebanyakan alat2 kita hanya siap dengan menggunakan energi/bahan bakar yang berasal dari organisme, mangkannya terjadi yang namanya “krisis energi”. Soalnya butuh jutaan tahun buat membentuk bahan bakar organik baru, tidak seimbang dengan kecepatan eksplorasi dan eksploitasi bahan bakar tersebut.

    Andaikan mungkin energi matahari dapat langsung dipakai oleh setiap mesin atau alat yang diciptakan manusia kayaknya akan sangat membantu mengatasi “krisis energi” ini…

    halaaah… kok komenku jadi ngalor ngidul gini seh… πŸ˜€

  4. @ aombandung hehe tuh dekat sma saya.. sma 8 yk.. en kebun binatang gembira lokal
    @ nuritaputranti bener! disini banyak lho musium2x
    @ yari nk sebenarnya sih aku juga cuma nggambleh ngalor ngidul…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s