Blogger, blogger dan WordPress

Mana yang benar? Blogger atau Blogspot? WordPress[dot]com atau WordPress[dot]org?

Yeah, saya sering menjumpai kerancuan istilah tersebut. Terutama pada blog-blog yang membahas tentang blogging. Banyak narablog yang membahas topik seputar Blogger™ dan WordPress karena keduanya cukup populer digunakan. Yang saya lihat adalah adanya ambiguitas dan salah kaprah dengan istilah-istilah tersebut.

Blogger, blogger atau Blogspot?

Blogger™ adalah produk, sedangkan blogspot (tepatnya blogspot[dot]com) adalah nama domain. Jadi, gunakanlah Blogger™ untuk menyebut produk layanan web publishing dari Google inc. dan bukan blogspot. Perhatikan penggunaan huruf kapital dan atribut trade mark. Penulisan ini sesuai dengan Google Permission Guidelines tentang penulisan merk dagang dari produk-produk Google inc.

Nyatanya, saya jarang menjumpai penulisan Blogger™ — dengan huruf kapital disertai logo trade mark — bisanya ditulis Blogger, atau blogger begitu saja. Hal ini menciptakan ambiguitas karena istilah blogger berarti orang yang memiliki & mengelola sebuah blog. Dalam sebuah tulisan, hal ini bisa membingungkan pembaca. Coba perhatikan contoh penulisan berikut:

  1. “Saya adalah blogger yang menggunakan blogger untuk ngeblog”
  2. “Saya adalah blogger yang menggunakan Blogger™ untuk ngeblog”

Yeah, saya rasa kalimat kedua lebih jelas dan mudah dipahami. 🙂

WordPress.com atau WordPress.org?

Dalam ToS-nya, layanan blog hosting dari Automattic inc. diberi nama “WordPress.com” sedangkan “WordPress.org” adalah domain yang diperuntukkan bagi piranti lunak WordPress. WordPress sendiri adalah sebuah piranti lunak yang berfungsi sebagai media publikasi dan manajemen konten — dapat juga disebut Content Management System — Jadi, ketika seseorang menuliskan WordPress — tanpa embel-embel [dot]com atau [dot]org — berarti merujuk pada piranti lunak tersebut, dan bukan pada layanan blog hosting gratis.

Ok ok, ini hanyalah masalah kecil pada penulisan. Tidak masalah apakah anda menuliskan Blogger, blogger, blogspot, wordpress.com, wordpress.org, WordPress di blog sendiri karena itu otoritas anda. Sekedar info saja, tidak jarang saya menjumpai percakapan semacam ini pada topik seputar oprek blog:

“Wah, saya pakai wordpress, tidak bisa dioprek…”

kemudian dijawab:

“Kalau begitu pakai yang wordpress.org…”

nah lo…

33 responses to “Blogger, blogger dan WordPress

  1. hehee…blogger berarti gemar ataupun pelaku dari sebuah blog..ga peduli mau pake base blogspot,blogdetik,wordpress ataupun yg lainnya sob

  2. Jelas banget penjelasannya

  3. yes, i’m a blogger 😀

    • @Rose… Yes! Aku juga seorang Blogger, tapi aku seorang blogazine style 😀

      @Mas Ardianzzz
      Aku sudah menemukan cara mudah untuk blogazine di Blogger™ . Coba deh cekidot.

  4. Sebenarnya saya sudah tahu, tapi hanya sekedar berkunjung lah, mencari teman baru 🙂
    Salam kenal yah hehe

  5. setiap blogger punya banyak pilihan. mau di blogger.com, blogspot.com, atau wordpress.

    Yang penting semangat NgeBlog tetap dipertahankan . 🙂

  6. hehe.. biasanya kesalahan pengucapan itu karena memang tidak dibiasakan untuk membedakan blogger, blogspot, ataupun wordpress mas.. jadi ya asal nulis dan ngomong aja.. toh kita pasti tau maksudnya.. kan tujuannya yg penting adalah happy blogger

  7. lucu juga kalimat2 terakhir ““Wah, saya pakai wordpress, tidak bisa dioprek…
    kemudian dijawab: Kalau begitu pakai yang wordpress.org…” mungkin juga bisa di jawab, klo gtu pake aja wordpress yang di hosting sendiri

  8. hehehehehe betul mas hal kecil yang terkadang luput dari perhatian kita dalam menulisnya

  9. kalau aku biasanya menyebut wordpress.com kalau org kayaknya yang selfhosting gitu kan hhe

    • Untuk WordPress.com, perlu diperhatikan ada kapitalisasi pada huruf “W” dan “P”. Karena itu adalah trade mark, maka perlu ditulis dengan semestinya.

  10. Sering menjadi perdebatan memang, sekarang baru jelas semuanya. 😛

  11. Kadang orang suka males nulis Blogger dengan menggunakan tanda trademark 😀
    Maklum, mesti copy paste symbol 😀
    Yo wes lah, toh intinya pasti bakalan pada mengerti dengan apa yang dimaksud.
    Iya toh? 😆

  12. secara baku memang seperti penjelasan di atas *terima kasih sudah membeberkan semua ini…
    Simpulannya, para netter ingin mudah dan cepat sehingga kalimat salah, kata salah dan termasuk penulisan istilah tidak semestinya itu jadi dimaklumi.

    Termasuk saya, malah nama sendiri pake ® (cara ketik karakter ini: alt+ 0174), atau ™ (alt+0153) dengan alasan biar stylish.
    Sekali lagi artikel yang sangat bagus mas Ardian, sukses terus dengan artikel2 yang lain. CHEERS 8)

  13. Hmm, setidaknya setelah menyimak penjelasan di atas, baru jelas perbedaannya 😉 Saya sendiri lebih suka menyebut layanan Blogger.com sebagai blogspot.

    • Sama, dulu saya juga begitu karena istilah “Blogger” ambigu antara blog hosting dengan narablog. Tetapi saat ini tidak lagi. 🙂

  14. Saya blogger yang pakai WordPress.org. Ah, simplenya, saya pakai CMS WordPress.. ah, entahlah.. hehe…

  15. blogspot dan wordpress hanyalah sebuah sarana ngeblog, sedangkan penggunanya disebut blogger, dan aktivitasnya disebut ngebLoG!
    gitu kali yach…. 😀

  16. lo mas, justru hal2 yg kecil dan detail ini penting.
    terima kasih. saya baru tahu ttg blogger dan blogspot itu xD

  17. baru ngeh di bagian akhir posting hahaha :mrgreen:

    kalimatnya memang salah secara teknis, tapi karena orang Indonesia saling memahami alhasil kata ‘wordpress.org’ dimaksudkan sebagai hosting sendiri, hehehe

  18. Yang penting pembaca ngerti dengan maksud tulisan kita, saya rasa itu sudah cukup.

  19. Gimana Kita Aja Sih
    Tujuan Kita Ngeblog Apa …
    Klo Sekedar Cloteh Sy Pake WordPress.com
    Buat Bisnis Online Sy Pake WordPress.org
    Buat Sekedar Nulis Tapi Mau Pasang Iklan Yah Pilih Blogger™
    Blogger™ Memang Cocok Buat Pemula Dan Kritis Dollar Buat Beli Hosting

  20. Blogger aja deh
    simpel mudah gratis
    sampe penulisan aja di bahas yo …

  21. Saya Masih Menggunakan Blogger Mas Ardianzzz

  22. Aku bukan pengguna blogspot atau wordpress 😀 melainkan eMobileBlog 😀

  23. Pingback: Perbedaan Blogger dan Penulis Konten | Blog Dani Setiyawan » Blogging | Motivasi | Teknologi | Informasi

Leave a Reply

